Abstrak Artikel Hasil Penelitian Tindakan Layanan Oleh Hadi Pranoto

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DI SMP NEGERI 1 METRO
Oleh :
HADI PRANOTO
E-mail : hadipranoto41@yahoo.co.id / hadipranoto21@gmail.com
Jurusan Pendidikan Bimbingan dan Konseling
Universitas Muhammadiyah Metro
Abstrak : Penelitian difokuskan pada : Upaya meningkatkan motivasi belajar melalui layanan penguasaan konten peserta didik kelas VII.4 SMP Negeri 1 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013. Rumusan masalahnnya adalah, apakah layanan penguasaan konten dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII.4 SMP Negeri 1 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013, bagaimana aktivitas dan respon peserta didik kelas VII.4 SMP Negeri 1 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 terhadap layanan penguasaan konten dalam meningkatkan motivasi belajar. Tujuan yang hendak dicapai oleh peneliti, yaitu ingin mengetahui hasil pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII.4 SMP Negeri 1 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013, layanan penguasaan konten dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII.4 SMP Negeri 1 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013. Respon peserta didik kelas VII.4 SMP Negeri 1 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 terhadap layanan penguasaan konten dalam meningkatkan motivasi belajar.
Desain penelitian menggunakan action research yang diterapkan dalam layanan bimbingan konseling (penelitian tindak layanan). Subjek dalam penelitian ini, peneliti mengambil peserta didik kelas VII.4 SMP Negeri 1 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013. Dari 24 peserta didik terdapat 10 peserta didik yang mengalami kurangnya motivasi belajar 41,66%. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dengan metode observasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Uji validitas dilakukan melalui penilaian pakar/ahli yaitu guru bimbingan konseling SMP Negeri 1 Metro, teman sejawat yaitu dilakukan diskusi instrument dengan teman mahasiswa FKIP dengan program studi bimbingan konseling.Hasil dari penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa hasil yang diperoleh melalui pelaksanaan layanan pengusaan konten dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII.4 SMP Negeri 1 Metro Semseter Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah terlihat dari perubahan prilaku dan kemampuan peserta didik dalam peserta didik  menjadi lebih memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhan dalam berprestasi, peserta didik dapat memahami atau memiliki kepercayaan diri dalam belajar, peserta didik memiliki kemampuan dalam mengatasi kegagalan dalam belajar, dan peserta didik memiliki daya saing yang baik dalam belajar.Melalui layanan penguasaan konten yang diberikan oleh guru BK dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII.4 SMP Negeri 1 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013. Terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik pada siklus I dilihat dari rata-rata presentase yaitu sebesar 27,5% dan pada siklus II sebesar 75%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 47,5%. Respon dan aktivitas siswa kelas VII.4 SMP Negeri 1 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 terhadap layanan penguasaan konten dalam meningkatkan motivasi belajar sangat positif, hal itu ditunjukkan dengan partisipasi peserta didik dalam mengikuti layanan penguasaan konten, motivasi peserta didik dan antusiasme dalam mengikuti layanan penguasaan konten serta peserta didik terlihat aktif dalam kegiatan layanan penguasaan konten.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Layanan Penguasaan Konten

DAFTAR PUSTAKA

 

Abkin. 2006. Panduan Pengembangan Diri Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia.

 

Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

 

AM, Juhri. 2009. Landasan dan Wawasan Pendidikan Suatu Pendekatan Kompetensi Guru. Metro Lampung: Lembaga Penelitian UM Metro Press.

 

Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

 

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

 

________________. 2011.Penilaian dan Penelitian Bidang Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta : Aditya Media.

 

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Motivasi Belajar (dalam Buku Belajar dan Pembelajaran). Jakarta: PT Renika Cipta.

 

Hamalik, Oemar. 2008. Motivasi Belajar (dalam Buku Proses Belajar Mengajar). Bandung : Bumi Aksara.

 

Hidayat, Dede Rahmat dan Badrujaman, Aip. 2012. Penelitian Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.

 

Karwono.1993. Tesis Pemanfaatan Sumber Belajar Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V Oleh Guru-guuru SD di Kec. Blimbing Kotamadya Malang Jawa Timur. Malang: IKIP Malang.

 

Karwono dan Mularsih, Heni.2010. Belajar dan Pembelajaran Serta

Pemanfaatan Sumber Belajar.Ciputat: Cerdas Jaya.

 

Moleong. 2007.Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

 

Prayitno dan Amti, Erman. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

 

_______. 2004. Layanan Penguasaan Konten. Padang : Univeritas Negeri Padang.

 

_______. 2006. Seri Kegiatan Pendukung Konseling P.1-P.6. Padang : Univeritas Negeri Padang.

 

­­­­­­­­­­­­­_______. 2002. Buku Seri II Buku Seri III Pelayanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP). Jakarta: PT Bina Sumber Daya MIPA.

 

_______. 1999. Buku Seri III Pelayanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Umum (SMU). Jakarta: PT Bina Sumber Daya MIPA.

 

Purwoko, Budi dan Pratiwi, Titin Indah. 2007. Pemahaman Individu Melalui Teknik Non Tes. Surabaya : Unesa University Press.

 

Sardiman.2009. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

 

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

 

­­­­­­­­­­_________________dan Kusmawati, Desak P.E, Nila. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Santoso, Slamet. 2010. Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung : Refika Aditama.

 

Suryabrata, Sumadi. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo

 Persada

 

Tohirin. 2009, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Bebasis   Intergrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

 

Universitas Muhammadiyah Metro. 2008. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Metro: Universitas Muhammadiyah Metro.

 

Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang

Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

 

Willis, Sofyan S..2010. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

Komentar :

No Komen : 2
Hadi Pranoto :: 29-04-2013 20:41:13
terimakasih budi sama2 semngattttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt sukses di tangan kita Amiiinnnnnn
 
No Komen : 1
budi :: 26-04-2013 17:57:10
semangat meraih masa depan..uapik mas..web nya..lanjutkan terus..
 
Nama :
E-mail :
Web :
Komentar :
Masukkan kode pada gambar

    [Emoticon]